Selasa, 26 Februari 2013

Squad Real Betis

Faster News -Real Betis Balompié adalah berdiri pada tahun 1907 di Seville. Namanya berasal dari kata Baetica, nama Romawi untuk Andalusia. Ada dua versi tanggal pendirian dari klub sepakbola ini. Tanggal 1907 datang dari Sevilla Balompie, sebuah klub yang didirikan para siswa Escuela Politecnica on Calle de Cervantes. Klub ini kemudian bergabung dengan Betis di tahun 1914. Balompie adalah nama harafiah Spanyol untuk sepakbola.

Di tahun 1912, Manuel Ramos Asensio, satu dari pendiri klub tersebut, memberikan warna kostum hijau bergaris hitam. Namun, karena dirasa tak terlalu membawa keberuntungan, karena selalu kalah dalam beberapa kali pertandingan, mereka menggantinya menjadi hijau bergaris putih.
Mereka memenangkan La Liga di tahun 1935, dan Copa del Rey di tahun 1977 dan 2005. Klub ini hampir saja bubar di tahun 1992, saat kemudian diambil alih oleh wakil presiden klub saat itu, Manuel Ruiz de Lopera.
Mereka hampir memenangi Copa del Rey di tahun 1997, saat mereka dikalahkan oleh FC Barcelona. Sehingga mereka hanya menempati posisi kedua. Sedangkan di tahun 2005, mereka kembali menjuarai Copa del Rey, setelah berhasil menyisihkan CA Osasuna di Stadion Vicente Calderón.
Real Betis juga menjadi tim sepakbola Andalusia pertama yang bermain di Divisi Primera dan Liga Champion, walaupun sebenarnya Sevilla FC telah bermain pada kompetisi ini, namun dalam format lama, yakni Piala Eropa, di musim 1957/1958. Real Betis dan Sevilla FC adalah dua tim rival yang sama-sama berasal dari Seville.
Seville merupakan tempat diselenggarakannya sepakbola di Spanyol untuk yang pertama kali. Pada tanggal 8 Maret 1890, di Tablada Hippodrome, tim Seville Water Works berhasil mengalahkan klub Huelva Recreation dengan skor 2-0. Namun, baru pada tahun 1905, Sevilla FC terbentuk.
Nama Lengkap : Real Betis Balompié
Julukan : Béticos, Verdiblancos
Berdiri : 1907
Kostum : Hijau/Putih-Putih (Kandang), Hijau-Hijau (Tandang)
Stadion : Manuel Ruiz de Lopera, Seville, Andalucia, Spanyol
Kapasitas : 52.700 penonton
Presiden : José León
Pelatih : Paco Chaparro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar